Kemenko Perekonomian Dorong Institut STIAMI Gandeng Perusahaan Logistik Nasional

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah mempersiapkan suatu sistem kerjasama dibidang logistik untuk memberikan kemudahan dan membangun kepercayaan bagi perusahaan logistic di tanah air dalam pengembangan usaha melalui ‘national logistic ecosystem collaboration’.

“Yang kita harapkan ke depan, kolaborasi menjadi kunci memperkuat logistik di Indonesia, kita butuh national logistic ecosystem collaboration. Inilah satu cita-cita kita bersama yang perlu untuk menciptakan sistem kolaborasi logistik tersebut di antara seluruh pemain (sector logistic),” kata Asisten Deputi Bidang Logistik Kemenko Perekonomian Erwin Raza dalam focus group discussion di Institut STIAMI, Jakarta, Sabtu (16/11/2019).

Muat Lebih

Pembangunan sistem kerjasama seperti itu, menurut Erwin tidak akan merubah sistem yang sudah ada. “Tidak mengganti sistem yang sudah ada tetapi dikolaborasikan melalui aplicaion program interface (API). Ini, yang kita harapkan nanti mengkolaborasikan seluruh platform di logistic yang ada, dari hulu sampai hilir, wearhouse, e-tracking, e-shipping, e-forwarder, e-payment, e-depo, dan lainnya. Ini memungkinkan smart kontrak, g to b (pemerintah dan pebisnis, pebisnis dan pebisnis, dan seterusnya,” papar Erwin.

Dalam hal ini, kata dia pemerintah hanya berperan sebagai fasilitator yang mempertemukan antara supply dan demand sektor logistik dan tidak memungut biaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *