Kemenlu Pastikan 93 WNI di Wuhan tak Terkena Virus Corona

  • Whatsapp
Kota Wuhan yang mirip kota mati pasca diteror virus Corona

INDOPOLITIKA.COM –Sebanyak 93 warga negara Indonesia terjebak di Kota Wuhan, China. Mereka tidak dapat keluar karena isolasi Kota Wuhan oleh pemerintah China. Namun Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)memastikan, mereka tidak terkena virus Corona.

Saat ini 93 WNI tersebut dalam keadaan sehat. Mayoritas adalah mahasiswa yang tinggal di asrama,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemelu Judha Nugraha melalui keterangannya, Sabtu (25/1/2020).

Baca juga:

Judha mengatakan Kemenlu terus memonitor situasi di Wuhan. Koordinasi terus dilakukan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) China, dan juga dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPTI) yang ada di sana. Koordinasi ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi chat media sosial.

“Kemenlu-KBRI Beijing-PPIT telah bentuk WeChat group untuk memonitor situasi dan memberikan bantuan yang diperlukan,” kata Judha.

Sebelumnya, Fadil salah satu mahasiswa Indonesia asal Aceh mengatakan ada sebanyak 20 mahasiswa yang terjebak di asrama yang ditempatinya selama menlanjutkan pendidikan di Wuhan, China.

Meskipun demikian, kata dia, belum ada informasi yang menyatakan ada  mahasiswa  Indonesia yang terjangkit virus mematikan tersebut.

“Keadaan 93 orang alhamdulillah semuanya tidak ada yang terkena virus. Kita berharap jangan ada sampailah (mahasiswa yang) terkena virus,” kata Fadil

Atas kejadian ini, Fadil dan rekan-rekannya tidak bisa melakukan aktifitas ke luar asrama. Mereka berdiam diri di dalam asrama. Kalau pun keluar asrama, mereka hanya ke toko untuk membeli persediaan makanan dengan menggunakan masker.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *