Kementerian Agama Tetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah Jatuh Pada Hari MInggu 24 Mei 2020

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada tangal 24 Mei 2020. Ketetapan itu diputuskan dalam sidang isbat yang dihadiri MUI dan Komisi VIII DPR RI.

Namun sidang isbat kali ini dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya. Sidang digelar di kantor Kemenag Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan. Kali ini pengurus ormas Islam tidak datang, namun mengikuti acara isbat secara virtual.

Bacaan Lainnya

“Sidang isbat sepakat menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahas atau Minggu 24 Mei 2020,” kata Menteri Agama Fachrul Razi.

Sidang isbat tersebut diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 hijriyah oleh anggota Falakiyah Kemengah Cecep Nurwendaya.Ia menjelaskan bahwa tidak ada referensi empirik visibilitas (ketampakan) hilal awal syawal 1441 hijriyah bisa teramati di 80 titik pemantauan di seluruh Indonesia.

“Semua wilayah Indonesia ketinggian hilal negatif antara minus 5,29 sampai minus 3,96 derajat. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari,” paparnya.

Oleh karena itu, lanjut Cecep, penetapan awal bulan Syawal ditetapkan berdasarkan hisab dan rukyat Semua ormas Islam sudah melakukan proses hisab dan rukyat.

“Secara hisab awal Syawal tahun ini jatuh pada hari Minggu,” tandas Cecep. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *