Kementerian Keuangan Bakal Selidiki Desa Fiktif Yang Menerima Dana 1 M

  • Whatsapp
Sri Mulyani Akan Selidiki Desa Fiktif Yang Menerima Dana Desa Sebesar 1M

INDOPOLITIKA.COM- Kementerian Keuangan akan menggandeng Kementerian Dalam Negeri untuk menginventarisasi desa-desa di seluruh plosok Indonesia. Pasalnya, ada pengajuan dana desa sebesar Rp 1 miliar, namun desa tersebut tidak berpenduduk.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan  laporan itu didengarnya setelah pembentukan Kabinet Indonesia Maju, kemarin. Kata dia, ada desa yang mengajukan bantuan dana, namun desa tersebut tidak berpenghuni.

Baca Juga:

“Kami mendengarnya sesudah pembentukan kabinet dan nanti akan kami investigasi,” kata Sri Mulyani usai mengikuti rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin 4 November 2019.

Sri menduga desa fiktif yang tidak berpenghuni ini merupakan modus supaya bisa mendapatkan bagian dari dana desa. Maka dari itu, perlunya pemerintah disini sebelum menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk perkembangan desa, harus terlebih dulu melakukan inventarisasi desa mana saja yang akan mendapatkan bantuan.

Atau dugaan lain Sri, bisa juga desa fiktif itu dilakukan dengan cara mengusulkan anggaran terlebih dahulu, setelah itu barulah dibuat sebuah desa.

“Kami tentu akan lihat seluruh prosedurnya supaya jangan sampai ada statemen, yang kemudian menimbulkan persoalan, terkait berapa jumlah desanya, lokasinya di mana dan bagaimana transfernya,” tutur Sri Mulyani.

Sri Mulyani akan mencari tahu langkah-langkah untuk pembuatan desa dan siapa saja pihak terkait yang bisa memutuskan pembentukan sebuah desa. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *