Internasional

Kemerdekaan Palestina Hanya Bisa Dicapai Lewat PLO

Warga Palestina berlari dari tembakan gas air mata di sepanjang perbatasan Gaza-Israel. (Foto: AFP)

Jakarta: Penasihat Presiden Palestina Mahmoud Sudqi al-Habbash menegaskan bahwa kemerdekaan negaranya hanya bisa dicapai melalui mekanisme yang dilakukan Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO.

Pernyataan ini merupakan respons atas laporan adanya perundingan damai antara Hamas — kelompok berkuasa di Jalur Gaza — dengan Israel.

"Hamas memang betul adalah salah satu golongan yang penting di Palestina. Tapi Hamas itu juga tetap berada di bawah payung PLO," ungkap Mahmoud, dalam keterangan pers di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018.

Mahmoud menilai laporan adanya perundingan damai tersebut dapat berpotensi merugikan Palestina. Karena dilakukan tanpa sepengetahuan semua elemen Palestina, perundingan itu dinilai Mahmoud dapat merusak persatuan bangsa.

"Maka lebih baik jika Hamas membantu pihak Palestina (PLO) agar tidak merusak persatuan," sebut Mahmoud.

Mei lalu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas kembali terpilih menjadi Ketua Komite Eksekutif PLO. Komite Eksekutif merupakan badan paling senior dari PLO. Komite ini memiliki wewenang luas.

Baca: Mahmoud Abbas Terpilih kembali sebagai Ketua Komite Eksekutif PLO

Sementara itu pada setiap hari Jumat sejak Maret lalu, unjuk rasa warga Palestina yang sering berujung bentrok dengan pasukan keamanan Israel terjadi di sepanjang perbatasan Gaza-Israel. 

Kementerian Kesehatan Gaza mencatat lebih dari 159 warga Palestina tewas sejak protes di sepanjang perbatasan dimulai pada 30 Maret.

Israel menuduh Gaza sengaja menggunakan unjuk rasa warga untuk melancarkan serangan ke wilayah Israel.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close