Kendal Siap Dijadikan KEK Industri Berorientasi Ekspor

  • Whatsapp
Kendal Siap Jadi KEK

INDOPOLITIKA, Pemerintah siap menjadikan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang bergerak dalam bidang industri. Rencananya, kawasan ini disiapkan khusus untuk industri yang berorientasi ekspor.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, nantinya hanya ada industri yang bergerak sesuai basis revolusi industri 4.0 dengan fokus produksi untuk ekspor.

Baca Juga:

“KEK akan prioritas ke industri 4.0, jadi seperti sektor industri elektronik, furnitur, kimia. Kita sih sudah siap. Jadi diorientasikan yang industrinya ekspor 60 persen,” ujar dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil juga mengatakan hal yang serupa. Kawasan ini disebut tidak akan terlalu fokus untuk menghasilkan produk yang bersifat substitusi impor.

“Kendal akan dibangun KEK spesifik, komoditi tujuan ekspor. Substitusi impor tidak semua,” katanya.

Pemerintah menyiapkan lahan seluas 1.000 hektare untuk merealisasikan rencana ini. Untuk penunjangnya sendiri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan, kawasan ini sudah memiliki infrastruktur yang memadai.

Ia menyebutkan, kawasan ini sudah memiliki Pelabuhan Tanjung Emas yang siap beroperasi sebagai infrastruktur perantara ekspor. Meskipun demikian, pemerintah membuka opsi bagi swasta yang tertarik membangun pelabuhan baru disana.

Namun, pelabuhan yang akan dibangun swasta itu nantinya hanya menjadi perantara pengiriman barang ke Pelabuhan Tanjung Emas.

“Tapi just in case akan ada swasta yang akan membangun disana, boleh tapi dia sebagai feeder, bukan sebagai pengekspor langsung,” ucap dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *