Kepala Bappenas Suharso Manoarfa Sebut Ibu Kota Baru Akan Jadi Provinsi Sendiri

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Manoarfa menjelaskan wilayah ibu kota baru yang berada di Kabupaten Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur akan berbentuk provinsi sendiri. Kata dia, hal ini sudah disepakati bersama.

“Disepakati bentuk pemerintahan adalah provinsi [sendiri],” kata Suharso, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan luas keseluruhan wilayah yang disiapkan untuk ibu kota baru adalah 256.000 hektare. Sebesar 56 ribu hektar ini nantinya akan dipimpin oleh manager perkotaan dan seluas 5.600 hektare akan dibangun kawasan pemerintahan.

“Ada yang 56 ribu hektare adalah kawasan khusus, yang tidak masuk di dalam daerah otonomi pemerintahan yang akan diurus oleh city manager (manajer perkotaan),” ujarnya.

Kata dia, untuk posisi manager perkotaan ada kemungkinan dipilih langsung oleh Presiden Jokowi atau pun gubernur. Namun dia belum bisa memastikan mekanismenya seperti apa dalam proses pemilihan manager perkotaan tersebut.

“Pasti diputuskan oleh penguasa kan, apakah presiden, apakah oleh gubernur. nanti kita lihat, kita belum sampai di sana,” tuturnya.

Suharto mengatakan, aturan yang mengatur pembentukan sebuah provinsi di ibu kota baru ini memang dikatakan tidak sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2004 tantang pemerintah daerah yang menyatakan pembangunan sebuah provinsi minimal ada 5 kabupaten/kota. Namun demikian, untuk melegalkan pembuatan provinsi dalam ibu kota baru ini akan dibuat UU khusus yang saat ini tengah disusun.

“Jadi dikecualikan dari ketentuan itu,” kata dia.

Menurutnya, pengecualian ini akan dituangkan dalam UU tentang Ibu Kota Baru.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meninjau lokasi ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019, kemarin. Di lokasi inilah nantinya akan dibangun klaster pemerintahan, termasuk Istana Kepresidenan.

Mendukung Menurut Jokowi, Istana Kepresidenan akan berada di puncak bukit di wilayah Sepaku. Sementara, kantor berbagai kementerian akan berada di sekitarnya. Wilayah Istana dan kantor-kantor kementerian itu akan berada di areal hutan tanaman industri yang konsesinya dimiliki oleh PT ITCI Hutani Manunggal. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *