INDOPOLITIKA.COM- Presiden Jokowi menunjuk Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) Harjono. Oleh Jokowi, Harjono diminta datang ke Istana Kepresidenan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pukul 14.00 Wib, untuk dilakukan pelantikan.

“Benar, saya diminta datang ke Istana untuk diangkat menjadi Dewas,” kata Harjono saat dihubungi detikcom, Jumat (20/12/2019).

Sebelum diminta Jokowi Sebagai anggota Dewas KPK, Harjono sempat menjabat sebagai hakim konstitusi selama dua periode. Terakhir dia menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Ia juga sempat menjadi anggota MPR dan terakhir ia menjadi Ketua DKPP.

Harjono mengaku, dirinya sudah dihubungi sejak semalam.

“Sudah dihubungi dari semalam,” ujar Harjono.

Untuk diketahui,  lima pimpinan KPK yang akan dilantik yaitu Irjen Firli Bahuri (mantan Kabarhkam Polri), Nawawi Pomolango (hakim di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali), Lili Pintauli Siregar (Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban/LPSK) periode 2013-2018), Nurul Ghufron (Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember), Alexander Marwata (komisioner KPK petahana sekaligus mantan hakim tindak pidana korupsi)

Sementara lima dewan pengawas hingga saat ini belum diketahui nama yang pasti. Jokowi sebelumnya menyebutkan beberapa nama yang jadi kandidat dewan pengawas. Beberapa nama yang disebut adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, hakim Albertina Ho, dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar.[pit]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com