Puan Bilang, DPR Itu Bukan Tukang Stempel

  • Whatsapp
Puan Maharani DPR Bukan Tukang Stempel

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Dewan DPR RI Puan Maharani menyinggung pentingnya integritas antara lembaga eksekutif dan legislatif. Namun, ia menolak dengan tegas ketika DPR harus memenuhi serta segala keinginan pemerintah, kendati alasannya ialah untuk bangsa dan negara.

“Namun bukan berarti kita itu jadi seorang tukang stempel,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Muat Lebih

Alih-alih menyetujui begitu saja, sebagai lembaga negara, kata Puan, pihaknya justru harus mengutamakan pengawasan terhadap kinerja pemerintah. Ia bahkan dengan tegas, akan memberi kritik bagi siapa saja yang dinilai tidak sesuai dengan kepentingan rakyat.

“Kita harus mengawasi sehingga pemerintah tidak melenceng dari arah,” ujarnya.

Terkait kritikan ini lanjut Puan, sebisa mungkin kata puan, tidak hanya sebatas kritikan tetapi juga bagaimana memberikan jalan keluar dan solusi terhadap kritikan tersebut.

“Mengingat ke depannya baik ekskutif dan legislatif akan mengalami banyak perdebatan seiring masa jabatan mereka selama lima tahun ke depan. Namanya juga dinamika itu (perbedaan) boleh saja selama itu terkait dengan masalah kebijakan,” tukasnya.

Tidak hanya pada pemerintah, Puan juga menyampaikan akan memberi ruang bagi masyarakat khususnya sebagai pengawas DPR dan pemerintah. Dalam hal ini pihaknya akan memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi berupa  saran dan kritikan serta ruang diskusi di dalamnya.

“Kita akan membuka DPR ini sebagai rumah rakyat. Kita juga akan membuka pintu seluas-luasnya selama aspirasi rakyat itu dilakukan secara tertib dan santun,” tandasnya.(pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *