Internasional

Ketua DPR Titip WNI Ke KBRI Singapura

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (kanan), Dubes RI untuk Singapura, H.E I Gede Ngurah Swajaya (kiri) – – Foto: dok DPR RI

Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menuntut Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk memberikan perhatian penuh kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Singapura. Setiap WNI harus mendapatkan jaminan keamanan dan  kenyamanan selama berada di luar negeri.

Hal itu disampaikan Bambang saat bertemu dengan Dubes RI untuk Singapura, H.E I Gede Ngurah Swajaya, di Singapura, pada Rabu 5 September 2018. Pertemuan itu juga dihadiri oleh Ketua DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, Mukhamad Misbakhun (Fraksi Partai Golkar), Ahmadi Noor Supit (Fraksi Partai Golkar) dan Aboe Bakar Alhabsy (Fraksi PKS).

“KBRI harus memberikan jaminan keamanan dan  kenyamanan bagi semua WNI yang tinggal di Singapura. KBRI juga harus bisa memotivasi dan memberikan pencerahan agar setiap warga bisa menarik wisatawan, maupun menampilkan berbagai kebaikan dari Indonesia,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis.

Seperti diketahui, jumlah diaspora di Singapura mencapai lebih dari 160.000 jiwa. Mereka tersebar dalam berbagai profesi, di antaranya penata laksana rumah tangga (PLTT) 111.025 orang, anak buah kapal 38.515 orang, pegawai formal 19.547 orang dan pelajar 9.636 orang.

Selain itu, Bambang juga meminta agar KBRI menjaga dan memupuk rasa cinta tanah air kepada para WNI. Ia ingin KBRI sebagai tempat meningkatkan semangat kebangsaan bagi setiap warga yang berada di luar negeri.

"Jika setiap warga sudah punya semangat cinta tanah air, secara otomatis mereka akan melalukan apapun untuk Indonesia,” pungkasnya.

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close