Ketua Komis E DPRD DKI Desak Anies Perbaiki Sistem Verifikasi KJP

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM  – Verifikasi terhadap penerima kartu Jakarta pintar (KJP) di DKI diharapkan agar dilakukan secara ketat. Hal itu untuk menghindari penyelewengan dan praktek kolusi dalam menetapkan murid yang dianggap layak menerima KJP.

Persyaratan pun perlu penekanan pada kartu penduduk DKI minimal 3 tahun menetap di Jakarta.

Baca Juga:

Adalah Ketua Komisi E, Iman Satria yang menyuarakan agar ada perbaikan dalam sistem verifikasi, dan tidak cenderung kaku dalam penetapan murid penerima KJP.

“Saya kira pengalaman 7,5 tahun di komisi E yang pernah dirasakan, untuk verifikasi penerima KJP harus dilakukan penyempurnaan. Misalnya verivikasi harus dilakukan lewat wawancara langsung terhadap orangtua murid. Jadi tidak lagi hanya berpatokan pada persoalan rumahnya berkramik dianggap tidak layak. Padahal dijaman sekarang, minimal rumah itu berkeramik. Ini yang perlu diluruskan,” beber politisi Gerindra itu, Minggu (27/10/2019).

Menurutnya, anggaran pendidikan yang sangat besar di Jakarta harus tepat sasaran. Sehingga tidak ada lagi, masyarakat yang tidak mampu merasa iri hati, karena penerima KJP justru lebih menyasar pada masyarakat yang ekonomi mampu.

“Yang harus digarisbawahi bahwa kartu Jakarta pintar, anggaran beasiswa pada murid harus terfokus pada masyarakat yang tidak mampu. Bukan masyarakat yang hanya pintar. Kalau ada masyarakat yang tidak punya biaya, lalu harus membantu keluarganya berdagang. Itu Yang selayaknya mendapatkan beasiswa,” bebernya.

Diharapkannya, sisa waktu 2 tahun ini kepemimpinan Anies Baswedan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Agar, yang dikerjakan gubernur selama masa jabatannya bisa dirasakan masyarakat.

”Untuk itu, saya pun akan berupaya menjaga kekompakan diinternal komisi. Perlu adanya persamaan visi dan misi dari seluruh anggota. Supaya kedepan tidak ada kecurigaan antara pimpinan dan anggota,” tegasnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *