Ketua PWNU Jatim: Rakyat Taat dan Manut Kiai, Insya Allah Indonesia Aman dan Damai

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengajak umat Islam hendaknya memperbanyak kajian agama serta selektif dalam memilih guru yang nantinya dapat membimbing ke pemahaman Islam yang sesuai tuntunan.

Kyai Marzuki juga mengingatkan kita semua untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, jauh dari perpecahan. Salah satu kunci agar Indonesia tetap aman dan damai, bahkan tidak seperti Suriah dan kawasan Timur Tengah lainnya menurut Kyai Marzuki yakni tetap manut kiai.

Baca juga:

“Kalau rakyat Indonesia tetap taat dan manut kiai, maka Indonesia aman, damai dan tidak mudah diadu domba,” kata Kiai Marzuki Mustamar melansir laman nu.or.id, Senin (30/12/2019).

Pengasuh Pesantren Sabilurrosyad Kota Malang tersebut mengemukakan kegandrungan umat, khususnya anak muda yang lebih percaya kepada media sosial. “Jangan sampai kita semua lebih percaya media sosial atau medsos daripada percaya kiai. Bahaya, bisa hancur peradaban bangsa ini. Sebab di medsos banyak hoaks,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, kiai Marzuki yang juga dosen di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ini sangat berbepas agar banyak belajar dari tragedi yang terjadi di kawasan Timur Tengah, khususnya Suriah.

“Saat ini puluhan ribu orang Suriah hampir tidak bisa membaca Al-Qur’an karena tidak ada tempat. Guru dan waktu untuk belajar dan membaca Al-Qur’an tidak ada lagi karena di sana semua sibuk konflik dan berperang,” ungkapnya.

Secara khusus, kyai Marzuki mengajak kita semua untuk menjaga negara dari ancaman perang saudara. Sebab, menurutnya, kalau perang saudara seperti yang terjadi selama ini, maka rakyat akan bodoh dan miskin.[asa]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *