INDOPOLITIKA.COM – Seruan takbir bergema di Gedung KPU. Seruan ini terdengar lantang usai Partai Ummat dinyatakan lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Kebahagiaan ini muncul karena sebelumnya KPU menyatakan Partai Ummat tidak lolos verifikasi faktual sebagai peserta pemilu 2024. Sempat ada polemik antara Partai Ummat dan KPU.

Partai Ummat tidak terima dan mengajukan permohonan gugatan ke Bawaslu. Kemudian dilakukanlah mediasi saat itu.

Mediasi itu menghasilkan kesepakatan yakni verifikasi ulang. Di tahap verifikasi ulang ini Partai Ummat dinyatakan lolos sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.

Hingga akhirnya pada Jumat (30/12/2022), Partai Ummat mendapat nomor urut 24. Seruan takbir pun bergema ketika Partai Ummat dinyatakan lolos ke Pemilu 2024.

Ketua Umum (Ketum) Partai Ummat, Ridho Rahmadi, pun mengucap syukur atas lolosnya Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024 usai sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Dia berharap kini jalan terbuka bagi parpolnya untuk melanjutkan perjuangan konstitusionalnya.

“Atas nama Partai Ummat kami mengucap syukur kepada Allah SWT karena atas rahmat-Nya lah telah terbuka jalan bagi Partai Ummat untuk melanjutkan perjuangan konstitusional ini menuju perjuangan intraparlementer bersama anak bangsa lainnya,” kata Ridho saat sambutan usai mendapat nomor urut di KPU, Jakarta, Jumat (30/12).

Ridho lalu menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU RI dan Bawaslu RI. Ridho berharap penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berasaskan luber jurdil.

“Kedua, kami berterima kasih kepada KPU RI dan Bawaslu RI yang telah bertindak secara proporsional dan juga bijaksana dalam menangani permasalahan yang sempat dialami oleh Partai Ummat. Mari kita bersama selaku peserta, penyelenggara, dan juga pengawas Insyaallah kita menciptakan Pemilu 2024 yang berasaskan luber jurdil,” katanya.

Di akhir penyampaiannya, Ridho mengingatkan para rekannya agar terus berjuang dengan sungguh-sungguh. Dia mengakhiri kalimatnya dengan takbir.

“Ingatlah sahabat, janji Allah SWT, kemenangan adalah bagi mereka yang tulus dan sungguh-sungguh berjuang di jalan-Nya. Gembiralah sahabatku, rayakan perjuangan ini. Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, merdeka,” kata Ridho yang disambut tepuk tangan.

Pujian ke KPU dan Bawaslu juga disampaikan oleh Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais. Amien menilai lolosnya Partai Ummat setelah sebelumnya sempat gagal merupakan cerminan keindahan demokrasi di Indonesia.

“Alhamdulillah sekalipun kemarin kita sedikit agak kaget ya, tapi kemudian karena semua orang bisa khilaf ya, kita pun juga tidak merasa terlalu berat gitu. Ternyata inilah keindahan demokrasi di Indonesia ini ya,” kata Amien Rais kepada wartawan.

Amien Rais mengatakan lolosnya Partai Ummat dalam tahap verifikasi faktual perbaikan ini menunjukkan bahwa KPU terbuka dalam hal perbaikan. Dia kemudian mengapresiasi KPU hingga Bawaslu.

“Artinya selalu terbuka hal perbaikan bayangkan kalau misalnya KPU sudah tutup kunci mau apapun, terserah,” ujar Amien.

“Tapi kan enggak seperti itu, jadi ini apresiasi saya kepada KPU, Bawaslu, dan pengawas,” imbuh Amien Rais.[CHE]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com