KH M Syamsul Arifin, Wakil Ketua Majelis Syariah PPP Meninggal Dunia

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kabar duka menyelimuti Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Wakil Ketua Majelis Syariah KH Mohammad Syamsul Arifin, meninggal dunia pada hari ini, Kamis 1 Juli 2021. Mendiang juga merupakan pengasuh LPI Darul Ulum Ponpes Banyuanyar Pamekasan, Madura.

“Fraksi PPP menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya KH. Mohammad Syamsul Arifin, Wakil Ketua Majelis Syariah DPP PPP, sekaligus Pengasuh LPI Darul Ulum Ponpes Banyuanyar Pamekasan Madura Jatim,” kata Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi dalam keterangannya, Kamis (1/7/2021).

Berita Lainnya

Baidowi menyebut, PPP sangat kehilangan tokoh panutan ummat itu. Dia juga menceritakan mendiang mengasuh lebih dari 6.000 santri.

Syamsul Arifin, kata Baidowi, selama hidupnya berjuang secara politik di PPP, memberikan ceramah ke masyarakat maupun membina ratusan ribu alumni dan simpatisan Ponpes Darul Ulum Banyuanyar.

“Di tengah kesibukannya mengasuh 6000 an santri, beliau selama hidupnya tetap berjuang secara politik di PPP, memberikan ceramah ke masyarakat maupun membina ratusan ribu alumni dan simpatisan Ponpes Darul Ulum Banyuanyar,” tuturnya.

Menurutnya, Syamsul Arifin berkhidmat di PPP meneruskan abah mertuanya sekaligus gurunya yakni KH. Abdul Hamid Baqir. Ia merupakan salah satu ulama yang terlibat aktif mengusir penjajah di era perang kemerdekaan.

“Sejumlah petinggi PPP pernah sowan ke kediaman beliau seperti Hamzah Haz, Suryadharma Ali, M. Romahurmuziy dan tokoh-tokoh PPP lainnya. Juga sejumlah pejabat juga sering sowan kepada beliau,” ungkapnya.

Wakil Ketua Baleg DPR ini menambahkan, Syamsul Arifin bersama KH Alawi Muhammad dari Sampang menjadi jangkar PPP di Madura. Khususnya di Kabupaten Pamekasan yang selalu menjadi pemenang pemilu.

“Beliau selalu mengajarkan kepada santrinya dalam bertindak untuk tidak melanggar hukum Allah SWT/Agama Islam, tidak melanggar hukum negara dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *