Internasional

Kim Jong-un Hadiahkan Presiden Korsel Sepasang Anjing Pungsan

Anjing Pusan hadiah Kim Jong-un untuk Moon Jae-in. (Foto: Yonhap).

Seoul: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menghadiahkan sepasang anjing Pusan untuk Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in. Hadiah ini menandai pertemuan antara kedua Korea di Pyongyang beberapa waktu lalu.

Kedua hewan tersebut sudah menjalani karantina, sebelum akhirnya diberikan di desa gencatan senjata Panmunjom pada Kamis lalu.

"Pemimpin Kim Jong-un menawarkan anjing jantan dan betina kepada Presiden Moon selama pertemuan bersejarah yang terjadi antara 18 hingga 20 September lalu," kata Gedung Biru, dilansir dari laman Korean Herald, Senin 1 Oktober 2018.

Kantor kepresidenan mengatakan kedua anjing itu diberi nama Songkang dan Gomi. Keduanya lahir pada 2017 di daerah Pungsan, Korut.

Songkang, seekor anjing jantan, lahir pada November lalu. Sementara Gomi yang berjenis kelamin betina lahir pada Maret.

Moon sendiri sudah memiliki seekor anjing Pungsan bernama Maru.

Korut pernah mengirimkan anjing jenis Pungsan bernama Uri dan Duri usai pertemuan antar-Korea yang pertama pada 2000. Hewan tersebut dipelihara di sebuah kebun binatang, sebelum akhirnya mati akibat sakit pada 2013.

Anjing jenis Pungsan berasal dari daerah pegunungan di Korut. Anjing ini dilatih untuk berburu harimau dan hewan liar lainnya. Mereka dikenal lincar, pintar dan ganas terhadap binatang buas, namun ramah dan setia pada tuannya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close