Koalisi Partai Golkar dengan PKB Sudah Sangat Maju, Meski Belum Final

  • Whatsapp

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya (DPP Golkar) Hajriyanto Y Thohari mengatakan paska pertemuan calon presiden (Capres) Golkar, Abuizal Bakrie (ARB) dan capres Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mahfud MD di Bali, komunikasi politik ke arah koalisi dengan PKB semakin maju. Saat ini menurut Hajriyanto kedua partai sedang melakukan pembahasan menuju ke arah kesepakatan.

“Waktu sampai 15 Mei cukup untuk mematangkan kesepakatan-kesepakatan koalisi yang sifatnya lebih substantif,” katanya , Senin 21 April 2014.

Muat Lebih

Namun Hajriyanto yang saat ini menjabat wakil ketua MPR ini tidak bersedia menjelaskan apa kesepakatan substantif dari pertemuan keduanya di Bali.

“‎Yang pasti sudah sangat maju. Meski belum final tetapi pembicaraan sudah sangat maju,” ujarnya.

Ia menambahkan pembahasan koalisi tidak dilakukan terburu-buru. Karena pembahasan tersebut, menurut Hajriyanto, menyangkut ke arah pendamping ARB sebagai calon wakil presiden (cawapres), pada pemilihan presiden (pilpres) mendatang.

“Golkar merasa tidak perlu terburu-buru sebab diyakini akan menang dan mendapatkan figur cawapres yang benar-benar komplementer terhadap capres ARB,” ungkapnya.

Pembicaraan koalisi ini menurutnya juga telah mengarah pada koalisi yang akan dibangun di parlemen, bahkan hingga susunan kabinet mendatang. Golkar saat ini menurut Hajriyanto tengah menyiapkan sebuah skenario dengan membangun koalisi besar.

Hajriyanto menekankan dengan koalisi besar, Golkar bisa menjadi daya tarik bagi partai lain untuk bergabung. Koalisi  besar menurutnya dibutuhkan bukan hanya untuk meraih kemenangan di pilpres. Namun, koalisi besar dibutuhkan untuk stabilitas pemerintahan ke depan, baik di parlemen maupun di kabinet.

“Koalisi besar tidak membebani kabinet. Ini soal manajemen dan karakter kepemimpinan koalisi saja,” ujarnya. (vn/ip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *