Internasional

Kokain Rp267 Miliar Ditemukan dalam Kardus di Penjara Texas

Paket kokain disembunyikan dalam sejumlah kardus pisang di sebuah penjara di Texas, AS. (Foto: Texas Department of Criminal Justice)

Texas: Kokain senilai hampir USD18 juta (setara Rp267 miliar) ditemukan dalam sejumlah kotak berisi buah pisang yang didonasikan ke sebuah penjara di Texas, Amerika Serikat.

Departemen Peradilan Pidana Texas (TDCJ) mengatakan 45 kotak pisang dari Ports of America di Freeport disumbangkan ke sebuah penjara bernama Unit Wayne Scott. 

Tetapi saat diperiksa isinya, salah satu petugas "menemukan sesuatu yang tidak beres."

"Salah satu kotak terasa berbeda dari yang lain," kata TDCJ dalam sebuah pernyataan. 

"Petugas melihat tali pengikat, menariknya, dan kotak pun terbuka. Di dalamnya, di bawah seikat pisang, ditemukan bungkusan lain. Terlihat seperti ada bubuk putih," sambungnya, seperti dilansir dari kantor berita UPI, Sabtu 23 September 2018.

Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP) dipanggil untuk menguji konten dari kotakl tersebut, dan mengonfirmasi bahwa bubuk putih itu adalah kokain.

Secara keseluruhan, terdapat 540 paket kokain dalam beberapa kotak pisang. Diestimasi nilai dari paket kokain tersebut mencapai USD17,820,000 (berkisar Rp265 miliar).

CBP dan Badan Pemberantasan Narkoba AS (DEA) sedang menyelidiki kasus tersebut. Ini menjadi contoh terbaru dari modus penyelundupan kokain di Negeri Paman Sam.

Tahun lalu, pemerintah Spanyol menemukan kokain tersembunyi dalam 57 pisang palsu yang sudah diselundupkan ke negara tersebut dari Amerika Selatan.

Pada 2015, otoritas Jerman menemukan paket kokain seberat 385 kilogram yang diselundupkan dalam kotak pisang dalam razia ke beberapa toko kelontong di sekitar Berlin.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close