Internasional

Kolombia Akui Palestina Sebagai Negara Berdaulat

Misi Palestina yang ada di Bogota. (Foto: AFP)

Bogota: Kementerian Luar Negeri Kolombia menyatakan bahwa Kolombia mengakui Palestina sebagai negara berdaulat. Pernyataan itu ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Maria Angela Holguin.

"Kemenlu Kolombia, atas nama pemerintahan Presiden Juan Manuel Santos telah memutuskan mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat," sebut pernyataan itu, dikutip dari AFP, Senin 13 Agustus 2018. 

Pernyataan ini dikeluarkan sebelum Kolombia memiliki presiden baru, Ivan Duque yang akan menggantikan Juan Manuel Santos.

Sementara itu, calon menteri luar negeri yang baru yaitu Carlos Holmes mengatakan, ia akan meninjau keputusan tersebut sesuai dengan hukum internasional dan praktik diplomatik.

"Ini adalah prioritas bagi memerintah untuk mempertahankan hubungan kerja sama dengan sekutu serta untuk berkontribusi pada perdamaian dan keamanan internasional," kata dia.

Sebelumnya, bersama Panama, Kolombia tidak mengakui status kenegaraan Palestina. Kolombia yang merupakan sekutu dari Amerika Serikat, secara historis juga mempertahankan hubungan dengan Israel.

Rencananya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan mengunjungi Kolombia pada hari ini, namun tiba-tiba dibatalkan dengan alasan dirinya harus fokus pada perkembangan Jalur Gaza.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close