Komisi I DPR Desak Pemerintah Bentuk Tim Investigasi Ungkap Kematian ABK di Kapal China

  • Whatsapp
Anggota DPR RI dari Fraksi Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding.(foto: Instagram)

INDOPOLITIKA.COM- Anggota Komisi I DPR RI Abdul Kadir Karding mengingatkan pemerintah untuk membentuk tim investigasi bersama Pemerintah China untuk menyelidiki kasus meninggalnya anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal berbendera China.

“Seharusnya tidak hanya meminta klarifikasi atas kasus tersebut. Namun bentuk satu tim investigasi mungkin bersama pemerintah China untuk mendalami kasus tersebut,” tandas Karding di Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Berita Lainnya

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai kasus kematian 4 ABK dan pelarungan di laut lepas Korea Selatan itu adalah pelanggaran HAM terhadap warga kita di luar negeri.

“Jika hasil penyelidikan hal ini benar terjadi, maka pemilik dan kru kapal China itu harus mendapat hukuman berat dan sanksi internasional,” ujar Karding.

Sebelumnya Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa pihak pemerintah China dan pengelola kapal Long Xing 629 dan Tian yu 8 telah menjelaskan bahwa pelarungan tiga ABK Indonesia telah sesuai dengan prosedur hukum internasional dan persetujuan dari pihak keluarga yang bersangkutan.

Pemerintah RI sendiri melalui KBRI di Beijing sudah mengirimkan nota diplomatik kepada pemerintah China untuk meminta klarifikasi dan penjelasan atas kasus pelarungan tersebut. (rma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *