Komisi IV DPR Usul 3 UU Lingkungan Dalam Konferensi Perubahan Iklim Di Spanyol

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Para pimpinan Komisi IV DPR berbicara tentang isu lingkungan dalam konferensi Perubahan Iklim di Madrid, Spanyol, Rabu (11/12/2019). Tema yang diangkat dalam konfernsi itu adalah tentang kekuatan spiritualitas.

Wakil Ketua Komisi IV Dedi Mulyadi menjelaskan, kekuatan spiritualitas dalam konteks lingkungan adalah bahwa hutan sebagai kekuatan spiritual dalam tata nilai local wisdom atau kearifan kaum tradisi, sudah ada sejak lama di Indonesia. Tradisi itu mengajarkan tentang kearifan dalam mengelola lingkungan.

Bacaan Lainnya

Menurut Dedi, perubahan iklim dalam istilah yang dipakai saat ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Di Indonesia, perubahan iklim itu adalah pancaroba dalam masyarakat tradisi. Jadi istilah itu bukan hal baru.

Pancaroba atau perubahan iklim adalah terjadinya lima perubahan waktu dalam kehidupan manusia. Sebuah fenomena ketidakseimbangan alam sebagai akibat dari ketidakseimbangan waktu, musim atau iklim. “Dari itu terjadi kekacuan dalam pancaroba, kekacauan kehidupan,” kata Dedi.

Dedi mengibaratkan pancaroba dalam wayang adalah ketika Krisna dan Arjuna dicabut hingga menyebabkan kehancuran akibat peperangan. Keduanya dicabut ketika menghadapi musuh sehingga memunculkan malapetaka. Krisna dan Arjuna dalam dunia pewayangan adalah faktor penting dalam menjaga keseimbangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *