Komisi V Kaji Pembentukan Pansus Banjir

  • Whatsapp
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus

INDOPOLITIKA.COM – Pimpinan Komisi V DPR RI akan mengkaji usulan pembentukan panitia khusus (Pansus) Banjir di DKI, Jawa Barat dan Banten. Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengakui ada usulan dari anggota komisi V DPR RI untuk membentuk Pansus banjir.

Usulan itu terungkap dalam Raker yang tidak dihadiri tiga gubernur yang saat ini sebagian wilayahnya terendam banjir Rabu (26/2). Yakni Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Bacaan Lainnya

“Kami akan kaji pendapat anggota yang mengusulkan dibentuk Pansus banjir,” katanya Kamis (27/2).

Meski begitu, politikus PDIP itu menyiratkan usulan itu akan sulit terwujud. Sebab, tidak mudah membentuk Pansus. Para pengusul harus mampu memenuhi persyaratan pembentukan Pansus. Persyaratan itu tertuang dalam tata tertib (Tatib) DPR.

“Karena kalau Pansus itu kan ada Tatib yang harus kita penuhi. Usulan dari berapa anggota,” katanya.

Selain itu, Pansus akan sulit terwujud dikarenakan keharusan mendapat dukungan dari komisi lain dan anggota fraksi lain di DPR RI. Pansus juga membawa nama lembaga DPR bukan komisi terkait yang semula mengusulkan pembentukan Pansus.

“Kalau panitia kerja (Panja) kita bisa putuskan (dibentuk). Tapai kalau Pansus, kami harus bicara dulu dengan Komisi II. Lalu disetujui pimpinan DPR, kita bisa bentuk Pansus. Karena Pansus ini bawa nama lembaga DPR,” katanya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *