Komisi Yudisial Loloskan 23 Orang Calon Hakim Adhoc

Komisi Yudisial (ist)

Sebanyak 23 calon hakim adhoc dinyatakan lulus seleksi kualitas oleh Komisi Yudisial (KY). Mereka yang lulus seleksi terdiri dari tujuh orang calon hakim adhoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan 16 calon hakim ad hoc Hubungan Industrial untuk Mahkamah Agung (MA).

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY, Aidul Fitriciada Azhari menyampaikan, seleksi hakim adhoc pada MA dilakukan guna memenuhi tiga orang hakim adhoc Tindak Pidana Korupsi. Sedangkan untuk hakim adhoc Hubungan Industrial MA dibutuhkan enam orang.

Bila diperinci berdasarkan profesi, para calon hakim adhoc Tipikor pada MA merupakan satu orang akademisi dan enam orang hakim adhoc.

”Sementara para calon hakim adhoc Hubungan Industrial terdiri dari empat orang advokat, sembilan orang hakim adhoc, dan tiga orang berprofesi lainnya,” kata Aidul melalui keterangannya, Kamis (8/8/2019).

Sedangkan, berdasarkan tingkat pendidikan, para calon hakim Tipikor pada MA pun beragam. Yaitu sebanyak satu orang bergelar sarjana, satu orang bergelar master, dan lima orang bergelar doktor.

Sementara para calon hakim Hubungan Industrial pada MA terdiri dari empat orang bergelar sarjana, 11 orang bergelar master, dan satu orang bergelar doktor.

Selanjutnya calon yang dinyatakan lulus Seleksi Kualitas akan mengikuti seleksi kesehatan dan kepribadian pada minggu ketiga September 2019.


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.