Komite Eksekutif PSSI Ingin Indonesia Ambil Kesempatan Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 lawan Bangladesh (@pssi)

INDOPOLITIKA.COM – Komite Eksekutif (Exco) PSSI disebut sepakat menginginkan Indonesia mengambil kesempatan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, mengatakan koleganya di federasi ingin PSSI mengambil kesempatan tersebut. Hanya saja belum ada pembahasan resmi di internal organisasi mengenai hal tersebut.

Bacaan Lainnya

“Belum ada pembahasan resmi, tapi secara informal teman-teman [Exco] mendorong agar PSSI menggunakan kesempatan ini [menjadi tuan rumah Piala Asia 2023],” kata Haruna seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (16/6).

Haruna mengatakan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 tak akan mengganggu pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya waktu pelaksanaan Piala Dunia U-20 berjarak sekitar dua bulan dari Piala Asia 2023.

“Kan (pelaksanaan Piala Asia 2023) pada Juni-Juli, sedangkan Piala Dunia U-20 2023 pada September-Oktober. Jadi bagus event terusan,” ucap mantan Manajer Madura United tersebut sambil tertawa.

Sejatinya Piala Asia 2023 akan berlangsung di China pada Juni-Juli 2023. Namun Negeri Tirai Bambu itu mengundurkan diri karena sedang berjuang lepas dari wabah Covid-19.

Sejauh ini tersiar kabar Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Qatar mengajukan diri jadi tuan rumah. Hanya saja belum ada pernyataan resmi dari keempat federasi tersebut dan juga konfirmasi dari AFC.

Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan tersebut karena sudah menggenggam tiket tampil di putaran utama. Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dengan status runner up terbaik.

Pada babak Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait pada 8-14 Juni, Timnas Indonesia meraih dua kemenangan dari tiga pertandingan. Satu-satunya kekalahan tercipta saat melawan Yordania dengan skor 0-1.

Tim Merah Putih terakhir kali tampil di Piala Asia pada 2007. Saat itu Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah bersama Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Setelah edisi 2007, tim Garuda tak pernah tampil di putaran final Piala Asia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.