Komnas HAM Usulkan Keluarga Gus Dur Jadi Negosiator Masalah Papua

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Guna menyelesaikan persoalan Papua, muncul salah satu usulan agar keluarga Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ditunjuk oleh pemerintah menjadi juru runding masalah Papua dan Papua Barat.

Usulan tersebut disampaikan komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara. “Almarhum Gus Dur dan keluarganya sangat dihormati di sana,” kata Beka di restoran Gado Gado Boplo Cikini, Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Baca Juga:

Beka mengatakan, keluarga Gus Dur bisa dijadikan mediator atau negosiator antara pemerintah dan tokoh tokoh Papua.  Ia melihat pemerintah kurang melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat.

Pendekatan yang dilakukan, lanjut Beka, seharusnya lebih mencoba pendekatan budaya dan dialog. Selama ini pendekatan yang diambil  pemerintah masih linier. “Pendekatan linier itu seperti hanya berusaha membangun jalan dan sarana pendidikan. Padahal tidak hanya itu,” ucapnya.

Menurut Beka, pemerintah sebaiknya mengirim utusan dan bisa dipercayakan kepada keluarga Gus Dur. Mereka berdialog dengan para ketua ketua suku di Papua. (rma)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *