Kompolnas Setor 2 Nama Calon Kapolri ke Presiden, Ini Deretan Jenderal Bintang Tiga Polri

  • Whatsapp
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis resmi melantik Irjen Pol Fadil Imran menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana. Selain itu, Idham juga melantik Irjen Pkl Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi. (dok. Div Humas Polri))

INDOPOLITIKA.COM – Mahfud MD selaku Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengaku sudah mengirimkan dua nama yang direkomendasikan untuk mengisi jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Kedua nama itu akan dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dimintakan persetujuan lewat DPR.

Berita Lainnya

“Benar, penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bahwa selaku Ketua Kompolnas saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh presiden agar diajukan ke DPR,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD dikutip dari akun Twitternya, Jumat, 8 Januari.

Tapi, Mahfud tak menyebutkan kedua nama jenderal yang direkomendasikan itu. Dia hanya menyebut keduanya berpangkat komisaris jenderal.

“Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2,” kata dia.

Dari deretan Jenderal Polisi bintang tiga itu ada nama Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, lalu Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, ada nama-nama dari stuktur internal Polri seperti Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, dan Kabaintelkam Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel juga muncul

Sementara dari struktur luar Polri ada dua nama yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar dan Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Bambang Sunarwibowo.

Bursa Kapolri saat ini sedang menjadi sorotan. Sebab, Jenderal Idham Azis tak lama lagi akan memasuki masa pensiun. Banyak spekulasi soal nama-nama yang digadang-gadang bakal menggantikannya.

Idham Aziz menjabat sebagai Kapolri usai dilantik Presiden Joko Widodo pada 1 November 2019. Dia bakal pensiun pada Januari 2021 setelah menjadi orang nomor satu Polri selama kurang lebih satu tahun dua bulan. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *