Konflik China-Taiwan, Bahlil Waspadai Dampak Investasi di Indonesia

Bahlil Lahadalia/Net

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mewaspadai dampak dari konflik antara China dan Taiwan ke iklim investasi dalam negeri.

Menurutnya, China adalah mitra dagang utama Indonesia, sehingga jika terjadi masalah di negeri tirai bambu tersebut bakal berpengaruh ke dalam negeri.

“Konflik China dan Taiwan harus kita waspadai. Kenapa? karena salah satu investasi yang besar di RI yaitu dari China,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (8/8).

Begitu juga dengan Taiwan yang merupakan mitra dagang Indonesia, meski nilainya tak sebesar China. Oleh karenanya, saat ini pemerintah terus mencermati perkembangan eskalasi ketegangan kedua negara tersebut.

“Seberapa besar, kami lagi dalami dan pelajari, mudah-mudahan tidak terlalu dalam dampak persoalan luar negeri mereka ini ke investasi,” jelasnya.

Di sisi lain, ia menekankan meski khawatir dan mewaspadai bukan berarti harus takut dengan kondisi yang terjadi. Sebab, meski perang berlangsung, ekonomi mereka akan tetap jalan.

Seperti perang Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung, ekonominya tetap jalan. Beberapa negara justru memanfaatkan ketegangan keduanya untuk mengisi kekosongan atau peluang investasi yang menguntungkan.

“Mungkin ini terjadi dengan China-Taiwan kita bisa masuk di ruang-ruang itu. Jadi boleh khawatir dan antisipasi tapi jangan kita takut dengan bayang-bayang luar,” pungkasnya.

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.