Kongres AS Resmi Memulai Proses Pemakzulan Trump

  • Whatsapp
Para anggota DPR AS dari partai Republik dalam konferensi pers di gedung Capitol setelah DPR AS membuka penyelidikan secara terbuka proses pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump (AP)

INDOPOLITIKA.COM – Kongres AS secara resmi secara resmi memulai investigasi atas Presiden Donald Trump pada Kamis (31/10).  Keputusan ini membuka lembaran baru proses pemakzulan sang Presiden.

“Hari ini Parlemen mengambil langkah maju ketika kita menetapkan prosedur untuk dengar pendapat terbuka, sehingga publik dapat melihat fakta sendiri,” kata Ketua Parlemen Nancy Pelosi seperti dikutip dari CNN, Jumat (1/11/2019).

Baca Juga:

Hasil pemungutan suara menunjukkan sebagian besar anggota kongres setuju untuk mengeluarkan resolusi yang menetapkan aturan untuk melaksanakan proses pemakzulan.

Trump telah berulang kali menyebut penyelidikan yang dilakukan terhadapnya tidak sah dan bermotivasi politik.

“Itu perburuan penyihir terbesar dalam sejarah Amerika!,” katanya melalui akun Twitter.

Trump dituduh menahan bantuan militer untuk memaksa Ukraina melakukan penyelidikan terhadap saingannya dalam pemilihan umum Demokrat, Joe Biden. Ia dituduh secara aktif menggunakan kebijakan luar negeri AS untuk melakukan penggeledahan ilegal demi keuntungan politik pribadinya.

Trump dan anggota Partai Republik yang setia padanya menganggap tuduhan tersebut palsu.  Meskipun demikian para penyelidik kongres AS telah mendapatkan bukti kuat dari pejabat pemerintah yang bersaksi di Capitol Hill.

DPR yang dikuasai Demokrat diperkirakan akan menyetujui pemakzulan. Kalau persetujuan diberikan, Trump akan diadili di Senat, di mana Partai Republik memiliki mayoritas. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *