Konsulat Australia di Surabaya Bisa Dorong Perekonomian Jatim

  • Whatsapp
Gubernur Jatim Soekarwo (kiri) berjabat tangan dengan Menlu Australia Julie Bishop. (Foto: Syaikhul Hadi)

Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, menyambut baik dibukanya kantor Konsulat Jenderal Australia di Surabaya. Dengan dibukanya kantor Konsulat Australia, diharapkan bisa meningkatkan hubungan kerja sama antara Jawa Timur dengan Australia. 

"Selamat datang di Surabaya, Jawa Timur. Hari ini, kantor Konsulat Jenderal Australia resmi dibuka. Artinya, peluang menjalin kerja sama dengan provinsi Jawa Timur semakin besar," ujar Soekarwo saat peresmian kantor Konsulat Jenderal Australia di kawasan Kertajaya, Surabaya, Minggu 5 Agustus 2018.

Muat Lebih

Soekarwo meyakini dengan dibukanya kantor baru di Surabaya, kerja sama antara Provinsi Jatim dengan Australia di berbagai bidang bisa ditingkatkan.

Kerja sama itu bisa terjalin di bidang politik, sosial-budaya, pendidikan, perdagangan dan perekonomian.

"Sejumlah sektor perekonomian di Jawa Timur sudah berkembang. Hal inilah yang menjadikan Jawa Timur sebagai tonggak perekonomian di Indonesia," kata dia. 

Pihaknya mencontohkan perekonomian di sektor industri yang mencapai 28 persen. Sedangkan perdagangan hanya mencapai 18 persen. Sementara, angka ekspor tercatat senilai USD176 juta, sedangkan impor USD369 juta.

"Harapannya, dengan dibukanya kantor konsulat yang baru ini, memberi keseimbangan di sektor perdagangan maupun investasi di Jawa Timur," tandas Soekarwo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *