Konten ‘Kejam’ Lucinta Luna Bareng Lumba-Lumba Ramai Dikecam, Susi Pudjiastuti Lontarkan Komentar Pedas

  • Whatsapp
Lucinta Luna (Foto: IG Lucinta Luna)

INDOPOLITIKA.COM – Lucinta Luna mendadak menjadi sorotan publik usai mengunggah sebuah video di channel YouTube pribadinya. Dalam video yang diambil di Bali tersebut, dia terlihat berenang sambil memegang sirip lumba-lumba.

Aksi itu, menuai kecaman sederet public figure, seperti Devina Veronica, Kirana Larasati, hingga Manohara. Terakhir, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga turut bersuara soal video sang pedangdut.

Berita Lainnya

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti menyoroti aksi Lucinta Luna diduga sedang melakukan penyiksaan seekor Lumba-lumba dalam rekaman video beredar di media sosial.

Many People think money & fame can buy and allowing to do anything.. including stupidity and being stupid,” tulis Susi Pudjiastuti di akun Twitter pribadinya, Kamis (15/4/2021).

Arti tulisan Susi dalam Bahasa Indonesia adalah: Banyak orang mengira uang dan ketenaran dapat membeli dan mengizinkan untuk melakukan apa saja.. termasuk kebodohan dan kebodohan.

Sindiran tersebut berawal dari salah satu netizen upload video Lucinta Luna sedang berenang bersama seekor Lumba-lumba. Video tersebut ada di channel YouTube pribadi Lucinta Luna. Tampak dirinya berada di sebuah tempat wisata.

Tidak hanya berenang di satu area yang sama dengan Lumba-lumba, Lucinta Luna bahkan memegang hewan tersebut. Kedua tangan Lucinta berpegangan ke sirip Lumba-lumba seakan ditarik di air.

Aksi Lucinta Luna juga mendapat kecaman dari artis sekaligus aktivis hewan Davina Veronica. Davina pun melontarkan kecaman atas konten YouTube Lucinta Luna melalui unggahan Instagramnya. “Ini sangat bodoh, tak berpendidikan, dan kejam. Sedih banget melihat ini lumba-lumba ini seperti budak manusia. Budak untuk hiburan manusia,” tulis Davina.

“Kamu tahu tidak bahwa lumba-lumba adalah hewan paling cerdas di bumi ini. Mereka cerdas, kompleks, dan makhluk yang lembut. Mereka makhluk sosial, ini pasti dipisahkan dari keluarganya,” sambungnya.

Menurut Davina, Lucinta sebagai publik figur kurang peka bahwa dia mengunjungi tempat wisata yang sebenarnya tak melindungi lumba-lumba. Ia berharap agar artis transgender itu bisa lebih bijak mengunggah konten.

“Semoga lain kali lebih bijak dalam mem-posting konten. Sekarang mari kita menghimbau & saling menyebar edukasi tentang larangan dolfin sebagai obyek hiburan seperti ini. Harus di tutup sarana-sarana seperti ini,” tulisnya.

Tangkapan layar video Lucinta Luna dengan lumba-lumba.

Minta Maaf

Menyadari video itu mengundang kecaman publik, Lucinta Luna akhirnya merilis permintaan maaf. Ia menjelaskan, alasan datang ke penangkaran lumba-lumba dan akhirnya membuat video tersebut.

“Jadi, Tim Halucinta diundang ke penangkaran lumba-lumba. Tujuan kami membantu pariwisata Bali yang terkena dampak Corona. Kami juga menanyakan izinnya dan dijelaskan sama pihak sana kalau ini berizin (BKSDA),” ujarnya di Insta Story.

Mengetahui tempat wisata tersebut memiliki izin, Lucinta dan tim mengaku sempat mempelajari berbagai hal terkait lumba-lumba, ikan hiu, dan ikan pari. Namun, ia menegaskan, sama sekali tidak tahu bahwa sebenarnya tempat tersebut adalah objek wisata sirkus.

“Lokasinya di lautan, di Sanur. Kalau ini tadi di tempat sirkus kami pun pasti menolak. Jadi yang masuk penangkaran itu lumba-lumba yang tersesat, terpisah dari grupnya, terdampar, atau terluka. Lalu diselamatkan dan diletakkan di sini. Mereka info semua berizin kok,” lanjutnya.

Tak sampai di situ, Lucinta Luna mengaku, sama sekali tidak tahu ada adegan saat dirinya berenang bersama lumba-lumba sambil memegang sirip hewan mamalia tersebut. “Ternyata ada adegan kami dibawa oleh lumba-lumba. Kalau itu kami sadari memang kami yang salah.”

Lewat unggahannya, Lucinta Luna meminta maaf kepada semua pihak, termasuk para aktivis dan pecinta hewan yang merasa terganggu dengan aksinya. Dia juga berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

“Kami janji enggak akan mengulangi lagi. Sebenarnya kami semua penyayang binatang, tapi dalam hal ini kami teledor dan jujur baru menyadari sekarang,” tutur Lucinta Luna. [ind]

 

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *