Koopsus Lembaga Baru Bentukan TNI Untuk Berantas Terorisme

  • Whatsapp
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (ist)

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meresmikan Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI) di lapangan Satpamwal Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

Pembentukan Koopssus TNI berdasarkan Peraturan Panglima (Perpang) TNI Nomor 19 Tahun 2019 tanggal 19 Juli 2019 tentang Organisasi dan Tugas Komando Operasi Khusus TNI.

Muat Lebih

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menjelaskan, dinamika ancaman asimetris yang terus berkembang menuntut kesiapan TNI untuk mengantisipasinya. Termasuk, dalam menghadapi berbagai ancaman terorisme global.

“Pada kesempatan ini saya tegaskan bahwa pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme adalah amanat UU. Terorisme dapat mengancam kedaulatan negara,” kata Panglima TNI.

Dijelaskan Panglima, Koopssus TNI akan melengkapi jajaran TNI sebagai satuan elite yang berasal dari pasukan khusus dan berasal dari prajurit-prajurit pilihan. Satuan ini juga merupakan implementasi dari 11 program prioritas TNI, yaitu pembentukan pasukan khusus Trimatra untuk menghadapi ancaman yang semakin kompleks.

“Saya tegaskan bahwa dengan dibentuknya Koopssus ini tidak mengerdilkan pasukan khusus masing-masing, tetapi justru untuk menyinergikan,” ucap Panglima.

Pembentukan Koopssus TNI bertujuan meningkatkan efektivitas TNI dalam merespons operasi khusus. Sebelumnya, dalam proses pelaksanaan operasi khusus, Mabes TNI perlu terlebih dahulu meminta pasukan kepada masing-masing matra.

Wilayah operasi Koopssus TNI bisa dilakukan di dalam dan luar negeri. Ada beberapa ketentuan yang mengenai Koopssus yang diatur dalam Perpres 42 Tahun 2019 yang menjadi cikal bakal pembentukannya.

Di dalam salah satu pasalnya dijelaskan bahwa Koopssus bertugas menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan yang mendukung pelaksanaan operasi khusus. Operasi yang dimaksud sangat membutuhkan kecepatan dan penyelesaian yang tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional, baik itu di dalam maupun di luar negeri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *