Koordinasi Antar Instansi Optimalkan Persiapan Arus Mudik Lebaran

  • Whatsapp

Indopolitika.com – Anggota Komisi V DPR, Jhoni Allen Marbun mengatakan, dalam persiapan arus mudik Lebaran, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), harus ada koordinasi antar instansi terkait. Koordinasi antar instansi dimaksudkan agar persiapan arus mudik lebih optimal.

Salah satu koordinasi yang dilakukan antara lain, penyampaian informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ke berbagai instansi terkait. BMKG bisa menginformasikan prakiraan cuaca dari 3 hari menjadi 7 hari ke depan, dengan jangka waktu prakiraan setiap 3 jam, dari sebelumnya setiap 6 jam.

Baca Juga:

“Tentu informasi itu juga harus disampaikan ke instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan, agar persiapan lebih optimal,” ujar Jhoni, saat mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR ke Palembang, Sumsel, Kamis (23/5/2019).

Selain itu, pada kesempatan yang sama, politisi Fraksi Partai Demokrat ini mengingatkan Kemenhub agar terus melakukan koordinasi dengan Kepolisian, khususnya di wilayah Sumsel, mengingat ruas jalan yang akan dilalui pemudik di tahun ini akan bertambah.

“Tentu dengan bertambahnya infrastruktur ruas jalan di wilayah Sumsel yang sudah beroperasi dalam arus mudik Lebaran tahun ini, volume jalan akan lebih luas. Arus mudik pasti dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya, jika Kemenhub dan Kepolisian terus bersinergi,” tandas John.

Di sisi lain, legislator dapil Sumatera Utara II ini mengimbau Badan SAR Nasional (Basarnas) Sumsel turut serta dalam kelancaran persiapan arus mudik Lebaran, dalam kaitannya dengan konteks cuaca ekstrem yang dikhawatirkan berdampak pada timbulnya bencana pada saat arus mudik.

“Dengan turut menempatkan tiap pos Basarnas di titik-titik yang dianggap rawan bencana pada saat cuaca ekstrem, saya kira akan semakin efektif untuk mewujudkan kelancaran persiapan arus mudik . Harapan kita semua, arus mudik Lebaran khususnya di wilayah Sumsel tahun ini akan jauh lebih bagus daripada tahun sebelumnya,” pungkas Johni.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *