Internasional

Kopi Luwak Tarik Minat Pengunjung di COTECA 2018

Indonesia Pavilion di COTECA 2018. (Foto: Dok. KBRI Berlin).

Hamburg: Indonesia membuka paviliun terbesar dalam Pameran Kopi, Teh dan Kakao (COTECA) 2018. Pameran ini digelar di Hamburg-Jerman pada 10 hingga 12 Oktober.

Kopi luwak khas Indonesia menjadi salah satu daya tarik para penikmat kopi di pameran tersebut. Matt Ross dari perusahaan Kopi Ross memaparkan mengenai kopi asli Indonesia tersebut.

Para pengunjung juga dimanjakan dengan suguhan kopi Indonesia dalam acara Cupping by Indonesia. "Indonesia memanfaatkan pameran ini untuk pertemuan antarbisnis melalui kegiatan workshop, seminar, coffee cupping, tea testing dan business networking," demikian dikutip dari keterangan KBRI Berlin, Jumat, 12 Oktober 2018.

Ada sembilan perusahaan Indonesia yang ikut meramaikan pameran tersebut, yaitu PT Shriya Artha Nusantara, PT Perkebunan Nusantara, MUTIGO, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dari Cilacap, Java Moen International, Paris van Java Specialty Coffee, PT Chaya Anugerah Pertiwi, PT Mitra Kerinci dan Intana Grafinusa.

Kota Hamburg dipilih sebagai tempat pameran karena cukup penting bagi industri kopi, teh dan kakao seluruh dunia. Pasalnya Hamburg merupakan pusat perdagangan biji kopi, teh dan pengolahan kakao.

Hamburg juga memiliki pelabuhan khusus untuk impor kopi, teh dan kakao yang terpenting di Eropa. 

Selain pengusaha, kopi, teh dan kakao, beberapa lembaga penelitian, perusahaan kemasan, konsultan, garmen, media dan mesin kopi juga hadir dalam pameran ini. Tak hanya Indonesia, 40 negara lain ikut meramaikan pameran, diantaranya Tiongkok, Taiwan, Jepang, India, Himalaya, Sri Lanka dan Nepal.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close