Korban Bencana Tsunami Di Sigi Dilatih Jadi Tukang Bengkel dan Tukang Kayu

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes PDTT memberi pelatihan keterampilan kepada korban bencana Gempa dan Tsunami di Sigi, Sulawesi Tengah. Para korban Tsunami itu diberi pelatihan keterampilan meubel, bengkel dan salon kecantikan. Kegiatan yang disebut sebagai Bimtek itu diselenggarakan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Direktur Penanganan Daerah Rawan Bencana dari Ditjen PDTu Kemendes PDTT Hasman Ma’ani mengatakan, pelatihan keterampilan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta khususnya warga yang terkena dampak. Sehingga mereka dapat membuka peluang usaha baru bagi warga-warga yang terkena dampak.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan yang diselenggarakan adalah melakukan bimtek konstruksi kayu, perbengkelan, dan kecantikan. Mereka dilatih secara teori dan praktek,” katanya dalam siaran pers yang diterima Indopolitika Minggu, (8/12/2019).

Sementara itu, Bupati Sigi Muhamad Irwan Lapata menambahkan, Bimtek peningkatan kapasitas yang diberikan itu, dapat membantu memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak bencana. Selain dilatih keterampilannya, mereka juga diberi bantuan peralatan perbengkelan, alat-alat salon, dan pertukangan.

“Memang ini sangat kecil dan sederhana, tetapi bagi mereka ini sangat besar, sangat luar biasa untuk dapat meningkatkan hidup mereka,” katanya.[rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *