Internasional

Korban Gempa asal Malaysia Berhasil Sampai Puncak Rinjani

Siti Nur Lesmawida Ismail, warga Malaysia tewas dalam Gempa Lombok. (Foto: The Star).

Lombok: Siti Nur Lesmawida Ismail, korban tewas gempa Lombok asal Malaysia berhasil mendaki puncak Gunung Rinjani sebelum akhirnya tewas. Perempuan 30 tahun itu tewas saat dirinya berada di homestay usai mendaki.

"Aku berhasil!" ucap perempuan Melaka tersebut dalam akun sosial medianya, dikutip dari The Star, Senin 30 Juli 2018.

Seorang pengusaha Khairul Azim mengatakan dirinya bertemu dengan kelompok perempuan itu ketika mendaki gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia tersebut. Dia mengaku beruntung karena selamat dari gempa, pasalnya mereka berada tak jauh dari lokasi Siti tewas.

"Saya berpikir kami beruntung karena kami tinggal di tenda, bukan di dalam rumah," tukasnya.

Siti tewas tertimbun reruntuhan bangunan homestay usai mendaki. Sementara enam orang lainnya terluka akibat gempa tersebut.

Perempuan itu meninggal pukul 8.00 pagi saat tiba di klinik setempat. 

Khairul menuturkan, kelompoknya kini berada di Lombok Timur dan beristirahat sebelum melakukan perjalanan mereka keluar. "Kami masih bisa merasakan getaran dari Sembalun. Banyak jalan untuk turun yang terhalang reruntuhan batu," imbuhnya.

Sementara itu, sekitar 30 warga Malaysia dilaporkan masih terperangkap di kaki gunung. Salah seorang diantaranya Nursakinah Hasman. Dia mengatakan butuh helikopter untuk penyelamatan.

"Jalanan di sini rusak parah. Bandara terdekat tiga jam lagi. Getaran semakin sering dan sinyal kami semakin lambat. Tolong cepat selamatkan kami," tulisnya dalam akun Facebook.

Dia menambahkan, di tempatnya sekarang para pendaki yang terjebak diberi makan dan tempat berlindung oleh warga lokal. Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail mengatakan para korban asal Negeri Jiran akan segera dibawa pulang.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman mengungkapkan bela sungkawa. Dia mengunggah foto Siti yang berdiri di puncak Rinjani.

Saddiq juga berdoa agar keluarga Siti dan warga Malaysia yang ada di Lombok bisa selamat kembali ke Negeri Jiran.

Gempa berkekuatan 6,4 skala richter dilaporkan telah melanda beberapa kawasan di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Minggu, 29 Juli 2018. Lindu mengguncang NTB pada pukul 5 subuh waktu setempat.

Sebanyak 14 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya terluka akibat insiden ini. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close