Internasional

Korban Tewas Ebola di DR Kongo Jadi 75 Orang

Petugas kesehatan menangani wabah Ebola di Mangina, DR Kongo, 22 Agustus 2018. (Foto: AFP/JOHN WESSELS)

Kinshasa: Korban tewas akibat wabah Ebola di Republik Demokratik Kongo (DR Kongo) bertambah menjadi 75 orang. Kabar terbaru disampaikan Kementerian Kesehatan DR Kongo, Senin 27 Agustus 2018.

"Secara total, terdapat 111 kasus demam Ebola di kawasan ini," ucap Kemenkes DR Kongo, seperti disitat dari AFP.

DR Kongo mencatat 47 kematian dari 83 kasus Ebola yang sudah terkonfirmasi. Terdapat pula 28 kematian lainnya yang diakibatkan Ebola.

Sebagian besar dari kematian tersebut terjadi sebelum pemerintah DR Kongo mendeklarasikan status wabah Ebola pada 1 Agustus.

Belum ada lagi kasus Ebola di DR Kongo sejak Minggu 26 Agustus, saat angka kematian berada di angka 67 orang.

Wabah terbaru Ebola di DR Kongo berpusat di provinsi Kivu Utara. Provinsi tersebut dikenal sebagai markas sejumlah kelompok bersenjata.

Ini merupakan wabah kesepuluh virus Ebola di DR Congo sejak 1976, saat virus tersebut pertama kali diberi nama. Ebola diambil dari nama sebuah sungai di DR Kongo.

Ebola telah lama dianggap sebagai penyakit yang belum dapat disembuhkan. Namun prosedur isolasi dan perawatan terhadap sejumlah gejala seperti muntah, diare dan dehidrasi, telah berhasil menyelamatkan sejumlah pasien.

Pencarian vaksin tepat untuk Ebola telah dipercepatan sejak wabah Ebola menewaskan lebih dari 11.300 orang di beberapa negara Afrika Barat pada 2013-2015.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close