Internasional

Korban Tewas Gempa Hokkaido Bertambah Jadi 44 Orang

Petugas penyelamat saat mencari korban di bawah reruntuhan tanah longsor. (Foto: Jiji Press).

Tokyo: Jumlah korban tewas akibat gempa yang melanda Hokkaido, Jepang pekan lalu bertambah menjadi 44 orang. Tidak ada lagi laporan kehilangan, namun polisi dan tentara masih berada di lokasi kejadian untuk membantu korban selamat.

"Jumlah korban tewas mencapai 44 orang, dan sudah tak ada seorang pun tertinggal dalam daftar hilang," ungkapnya kepada awak media, dilansir dari laman The Star, Senin 10 September 2018.

Sekitar 4.000 polisi, petugas pemadam kebakaran, tentara dan petugas keamanan maritim memberi bantuan di wilayah utara Jepang tersebut. Lebih dari 2.700 orang terpaksa tinggal di tempat penampungan.

Sementara itu, dari laporan pemerintah, mayoritas korban tewas berasal dari pedesaan Atsuma. Di wilayah itu, sejumlah tempat tinggal hancur ketika lereng bukit longsor.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjugi Hokkaido pascagempa 6,7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah tersebut pekan lalu. Abe berkeliling di beberapa wilayah, tak ketinggalan pusat kota Sapporo, di mana jalan-jalan terlihat retak dan rumah-rumah warga hancur.

Usai mengunjungi Sapporo, Abe dijadwalkan mengunjungi Atsuma menggunakan helikopter. Abe berjanji pemerintah akan mengalokasikan dana darurat untuk menyediakan makanan, air dan bahan bakar untuk generator listrik di sejumlah rumah sakit.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close