Internasional

Korban Tewas Gempa Jepang Bertambah

Imbas gempa yang melanda wilayah Hokkaido, Jepang (Foto: AFP).

Tokyo: Jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) di Jepang, bertambah. Delapan orang dilaporkan tewas dalam bencana itu.
 
Baca juga: Gempa Hantam Hokkaido, Memicu Terjadi Tanah Longsor.
 
"Enam dari delapan korban tewas dilaporkan di Desa Atsuma. Di wilayah ini terjadi longsor yang diakibat oleh gempa," lapor NHK, seperti dikutip AFP, Kamis 6 September 2018.
 
Hingga saat ini, 20 warga lainnya hingga saat ini masih hilang. Rekaman TV menunjukkan belasan rumah di dasar bukit ditelan longsor, dengan helikopter penyelamat mengangkut seorang penduduk dengan selamat.
 
Berdasarkan pemeriksaan dari udara menunjukkan banyak tanah longsor berskala besar di pedesaan yang jarang penduduknya. Sebelumnya warga ini juga terhantam topan Jebi kuat yang melanda Jepang awal pekan ini.
 
Sekitar tiga juta rumah tidak bisa dialiri listrik setelah gempa. Tetapi Menteri Perindustrian Hiroshige Seko mengatakan, pemerintah berharap untuk memulai aktifkan kembali listrik 'dalam beberapa jam.'
 
NHK menyebutkan, pembangkit listrik tenaga nuklir Tomari di Hokkaido menghentikan operasi karena pemadaman. Tetapi sistem pendinginnya bekerja menggunakan kekuatan cadangan daruratnya.
 
Gempa juga menyebabkan perdagangan di bursa sekuritas Sapporo ditutup. Penutupan dilakukan karena mati listrik yang terjadi di wilayah tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close