Korban Tewas Kebakaran Yunani Bertambah Jadi 91 Orang

  • Whatsapp
Sebuah vila yang hangus terbakar di area resor Mati, Yunani, 28 Juli 2018. (Foto: AFP/ANGELOS TZORTZINIS)

Athena: Dinas Pemadam Kebakaran Yunani mengatakan tiga tambahan orang dikonfirmasi meninggal dunia akibat kebakaran hutan yang menghancurkan sejumlah area resor dekat Athena, Minggu 29 Juli 2018. Total korban tewas sejauh ini mencapai 91 orang.

Juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Yunani Stavroula Malliri mengatakan 25 orang masih dinyatakan hilang. Angka resmi korban akhirnya muncul setelah pemerintahan Perdana Menteri Alexis Tsipras dikritik terkait penanggulangan bencana.

Baca Juga:

Spyros Georgiou dari Badan Perlindungan Sipil Yunani mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa beberapa korban hilang itu mungkin berada di antaranya 28 jasad yang sedang diperiksa tim forensik.

Beberapa korban anak-anak — jumlah totalnya belum diketahui — menjadi sorotan utama dalam tragedi ini. Para korban meliputi bocah perempuan kembar berusia sembilan tahun, balita enam bulan, kakak adik berumur 11 dan 13 serta remaja lainnya yang juga berusia belasan.

Terdapat pula empat korban warga asing yang sudah teridentifikasi, yakni pemuda asal Irlandia, wanita Polandia dan anaknya, serta pria Belgia yang anak perempuannya berhasil diselamatkan.

Saling menyalahkan antar pejabat negara semakin meningkat pada akhir pekan kemarin. Kubu oposisi dan sayap kanan menuduh pemerintah berusaha menutupi jumlah korban jiwa yang sesungguhnya.

Otoritas masih memeriksa penyebab pasti kebakaran hutan ini. Pemerintahan PM Tsipras mencurigai adanya elemen kriminal.

Surat kabar Kathimerini menyebutkan laporan awal yang mengindikasikan aksi teledor seorang warga yang menyalakan api unggun dengan menggunakan daun kering dan ranting pepohonan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *