Pemerintahan

Korea Dukung Asian Games Sukses di Indonesia

JAKARTA- Hubungan Korea Selatan dan Indonesia semakin menguat di berbagai bidang setelah kunjungan Presiden Korea Moon Jae In di November 2017 lalu. Pada saat itu, atas kesepakatan kedua pemimpin negara, hubungan Korea dan Indonesia telah ditingkatkan menjadi Kemitraan Strategis Khusus (Special Strategic Partnership).

“Kantor Staf Presiden mendukung strategic economic partnership dengan menitikberatkan akselerasi industrialisasi di Indonesia,” kata Kepala Staf Kepresidenan Dr Moeldoko saat bertemu dengan Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia Kim Chang-beom di Gedung Bina Graha, Selasa, 15 Mei 2018.

Hadir dalam pertemuan ini Mrs Chon Eui-jin, first secretary for Political Affairs, Mr Jeoung Gi-young, Counsellor for Defense Industry, dan Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan Avanti Fontana.

Selain peningkatan kerja sama di bidang investasi dan perdagangan, hal lain yang dibahas yaitu kerja sama di bidang industri kreatif, dan ekonomi digital. Republik Korea adalah salah satu mitra dagang dan negara asal investasi terbesar bagi Indonesia. Meskipun dilanda krisis perdagangan dunia, sepanjang tahun 2017, volume perdagangan kedua negara berjumlah US$ 16,31 miliar dengan surplus di pihak Indonesia sebesar US$ 64,64 juta. Hal yang istimewa adalah Indonesia dan Korea telah melakukan penguatan hubungan kerja sama di bidang industri pertahanan dengan menjalankan proyek bersama, yakni memproduksi pesawat tempur atau KFX/IFX.

“Korea Selatan dan Indonesia mempunyai sejarah yang panjang, hubungan baik yang konstruktif. Kita ingin dari waktu ke waktu, kita punya andil bersama, mengembangkan hubungan yang semakin baik,” kata Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini juga berharap dukungan Korea Selatan kepada Indonesia yang akan menjadi tuan rumah dua event besar yaitu Asian Games pada bulan Agustus nanti dan pelaksanaan IMF-World Bank Annual Meeting di Bali.

Sementara, Dubes Kim Chang-beom optimis kerja sama antar kedua negara bakal lebih maju melalui kemitraan khusus. Data menunjukkan di triwulan pertama tahun ini, terdapat kenaikan 11 persen investasi dan perdagangan dibanding tahun kemarin. Tak hanya di sektor manufaktur, investasi mulai berkembang ke sektor keuangan dan ekonomi digital.

“Kita optimis bisa mencapai US$ 20 miliar dan target US$ 30 miliar di tahun 2022,” ujarnya.

Bicara Asian Games, Dubes Kim berharap Indonesia sukses menjadi tuan rumah dan bakal dikenang sebagai perhelatan yang membanggakan dunia.

“Tim Korea Selatan dan Korea Utara akan ikut bersama di event ini, ini akan menjadi sejarah, dan itu suatu yang membanggakan,” tambahnya.

Tags

Artikel Terkait

Close
Close