Korsel dan Korut Bersatu dalam Pembukaan Asian Games 2018

  • Whatsapp
Atlet Korsel dan Korut berjalan bersama dengan seragam berwarna putih dan biru di GBK, Jakarta, 18 Agustus 2018. (Foto: AFP)

Jakarta: Atlet dari Korea Selatan dan Korea Utara berjalan bersama dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 18 Agustus 2018 malam.

Seperti dikutip dari Kyodo News, para atlet kedua negara bergandengan tangan, sembari membawa bendera yang menyimbolkan persatuan di Semenanjung Korea.

Baca Juga:

Perdana Menteri Korsel Lee Nak-yon dan Wakil PM Korut Ri Ryong-nam juga mengangkat tangan bersama-sama dari kursi VIP, saat para atlet kedua negara berjalan melewati mereka dengan mengenakan seragam sama berwarna putih biru.

Momen tersebut mengundang tepuk tangan meriah dari seantero GBK, stadion dengan kapasitas 75 ribu orang.


PM Korsel (kiri) dan Wakil PM Korut (kanan) bersama Presiden Jokowi. (Foto: BPMI Setpres)

Kedua Korea, yang menggunakan jalur diplomasi melalui olahraga untuk memfasilitasi dialog damai, mengirim tim gabungan ke Asian Games 2018 untuk cabang bola basket, mendayung dan perahu kano.

Ini merupakan kali pertama Korsel dan Korut berpartisipasi dalam Asian Games sebagai satu kesatuan.

Pemimpin Korut Kim Jong-un dan juga Presiden Korsel Moon Jae-in sudah beberapa kali diundang untuk hadir dalam pembukaan Asian Games 2018. Namun keduanya tidak datang ke Jakarta.

Senin kemarin, kedua negara mengumumkan bahwa Kim dan Moon kemungkinan akan bertemu di Pyongyang bulan depan.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *