Internasional

Korsel Luncurkan Kapal Selam Misil Jelajah dan Balistik

Dosan Ahn Chang-ho ini memiliki kemampuan menembakkan misil jelajah dan juga balistik. (Foto: AFP/JIJI PRESS)

Seoul: Korea Selatan meluncurkan kapal selam pertamanya yang memiliki kemampuan meluncurkan misil, meski hubungan negara tersebut dengan Korea Utara sudah menurun lewat serangkaian aksi diplomatik.

Seperti dikutip dari situs The Japan Times, Sabtu 15 September 2017, kapal selam bernama Dosan Ahn Chang-ho ini memiliki kemampuan menembakkan misil jelajah dan juga balistik.

Ini merupakan satu dari tiga kapal bermesin diesel dan listrik yang dijadwalkan beroperasi di jajaran Angkatan Laut Korsel dalam lima tahun ke depan.

"Kapal ini merepresentasikan lompatan ke depan dalam industri pertahanan nasional," ucap Presiden Korsel Moon Jae-in dalam upacara peluncuran di galangan Daewoo, Jumat 14 September.

Menurut Presiden Moon, kapal seharga USD700 juta dengan bobot 3.000 ton ini didesain untuk mencapai "perdamaian melalui kekuatan."

Moon akan bertolak ke Pyongyang pekan depan untuk bertemu pemimpin Korut Kim Jong-un untuk kali ketiga. Kunjungan bertujuan mendorong Pyongyang untuk segera menghentikan program senjata nuklir.

"Kami telah memulai perjalanan besar menuju denuklirisasi di Semenanjung Korea," tutur Moon. "Tapi perdamaian tidak bisa didapat begitu saja," lanjut dia.

Terlepas dari Dosan Ahn Chang-ho, Korsel memiliki 18 kapal selam berukuran lebih kecil. Semua kapal selam ini dibangun lewat kerja sama dengan Jerman.

Berdasarkan data Kementerian Pertahanan Korsel, Korut memiliki 70 kapal selam yang sudah relatif tua. Kantor berita Yonhap melaporkan Korut sedang mengembangkan sebuah kapal selam berbobot 2.500 ton yang dilengkap sistem peluncur misil vertikal.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close