Internasional

Korut akan Undang Tim Inspektur ke Situs Nuklir

Foto udara memperlihatkan situs nuklir Punggye-ri milik Korut. (Foto: AFP/38 North)

Seoul: Korea Utara akan mengizinkan tim inspektur internasional untuk memeriksa situs uji coba nuklir yang diklaim Pyongyang telah dibongkar. Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo yang telah bertemu pemimpin Korut Kim Jong-un.

Pompeo bertemu Kim di Pyongyang pada Minggu, untuk membicarakan kelanjutan dari Konferensi Tingkat Tinggi antara AS dengan Korut di Singapura pada Juni lalu.

"Ketua Kim mengaku siap mengizinkan mereka semua untuk datang ke situs Punggye-ri," ucap Pompeo, seperti dikutip dari kantor berita AFP, Senin 8 Oktober 2018.

Korut mengklaim telah membongkar Punggye-ri pada Mei lalu, namun belum bersedia mendatangkan pengamat internasional untuk memverifikasi klaim tersebut. Fasilitas nuklir itu berada di pegunungan dekat perbatasan Tiongkok.

Menurut Pompeo, Korut akan mengizinkan tim inspektur datang saat sudah tercapai kesepakatan antar dua pihak mengenai masalah "logistik." Pompeo memberikan keterangan pada awak media di Seoul, sebelum nantinya bertolak ke Tiongkok.

"Denuklirisasi di Korut adalah proses yang panjang," sebut Pompeo. "Tapi kita sudah mencapai kemajuan signifikan," tambah dia.

Sementara itu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in meyakini Kim Jong-un akan segera bertemu Presiden Tiongkok dan juga Rusia.

"Terlepas dari KTT kedua AS-Korut, Ketua Kim Jong-un akan berkunjung ke Rusia dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan ke Korut dalam waktu dekat," ucap Moon dalam sebuah rapat kabinet.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close