Korut Segera Bebaskan Turis Jepang

  • Whatsapp
Pemandangan ibu kota Pyongyang. (Foto: AFP)

Pyongyang: Seorang turis asal Jepang yang ditahan di Korea Utara (Korut) segera dibebaskan. Turis yang bernama Tomoyuki Sugimoto ini ditangkap karena diduga memalsukan identitasnya.

"Turis asal Jepang kami bebaskan berdasarkan prinsip kemanusiaan," sebut pernyataan Korut melalui media pemerintah KCNA, Senin 27 Agustus 2018.

Baca Juga:

Sugimoto diduga mengambil gambar dari sebuah fasilitas militer di kota pelabuhan Nampo. Ternyata, Sugimoto adalah seorang videografer asal Jepang yang berhasil memasuki Korut dengan menggunakan agen tur perjalanan.

Tidak jelas apakah Sugimoto melakukan pelanggaran kejahatan dan tak disebutkan pula kapan ia akan dibebaskan.

"Pemerintah Korut memutuskan untuk memaafkannya dan segera mengembalikannya ke Jepang," lanjut pernyataan itu.

Namun, hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Jepang maupun Kementerian Luar Negeri Jepang terkait penangkapan warga negaranya ini.

Peraturan di Korut memang cukup ketat untuk turis asing. Biasanya, turis asing hanya bisa memasuki Korut lewat Tiongkok dan harus menggunakan agen tur perjalanan yang memang mendapat izin dari Korut.

Tak hanya itu, banyak hal-hal yang tak boleh sembarang dilakukan para turis di Korut, seperti mengambil foto atau video tanpa izin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *