Internasional

Korut Sepakat Tutup Lokasi Uji Rudal

Pertemuan Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in. (Foto: AFP).

Pyongyang: Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in memastikan bahwa pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un untuk menutup lokasi uji rudal.
 
"Pihak Korut sepakat untuk menutup lokasi uji mesin rudal Tongchang-ri dan fasilitas peluncuran rudal, melalui kehadiran para ahli dari negara yang relevan," ujar Moon, seperti dikutip AFP, Rabu 19 September 2018.
 
Moon dalam perjalanan tiga hari ke Pyongyang dalam pertemuan ketiganya dengan Kim Jong-un tahun ini. Kedua pemimpin berupaya untuk membuat perkembangan konkret menyusul pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Juni lalu di Singapura.
 
Baca juga: Kim Jong-un Janji akan Kunjungi Korea Selatan.

Adapun beberapa hal penting disepakati oleh kedua pemimpin ini. Kesepakatan yang dibacakan dalam sebuah konferensi pers bersama itu antara lain:
 
1. Kedua pemimpin sepakat untuk menjadikan Semenanjung Korea menjadi 'Wilayah damai tanpa senjata nuklir dan ancaman nuklir.'
 
2. Korea Utara setuju untuk 'secara permanen' membongkar fasilitas rudal utama di hadapan pengamat asing.
 
3. Korea Utara setuju untuk membongkar kompleks nuklir Nyongbyon utamanya jika AS mengambil tindakan yang korespondensi yang belum ditentukan hingga saat ini.
 
4. Kim Jong-un pun mengatakan dia ingin mengunjungi Seoul 'dalam waktu dekat'. Jika terjadi, ini akan menjadi kunjungan pertama oleh seorang pemimpin Korea Utara ke ibu kota Korea Selatan.
 
5. Kedua pihak juga sepakat untuk menjadi tuan rumah bagi Olimpiade Musim Panas 2032.

Pertemuan kali ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan antara pemimpin kedua negara bertetangga itu. Sebelumnya saat tiba di Pyongyang, Presiden Moon Jae-in dipeluk dengan hangat oleh Kim Jong-un.

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close