KPK: DPR dan Pemerintah Berkonspirasi Lemahkan KPK

  • Whatsapp
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

INDOPOLITIKA.com- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif menilai, surat yang dilayangkan Presiden Joko Widodo yang menyetujui revisi UU tentang KPK, adalah preseden buruk bagi system ketatanegaraan.

“DPR dan pemerintah berkonspirasi untuk melucuti sebuah lembaga negara tanpa berkonsultasi atau memberitahu apa yang akan direvisi,” kata Laode dalam keterangan tertulis, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga:

Menurut Laode, cara-cara DPR dan pemerintah seperti ini menunjukkan bukan adab yang baik. Ia pun khawatir akan menjadi preseden buruk ke depan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluarkan surat persetujuan tertanggal 11 September 2019 mengenai usulan revisi UU  tentang KPK oleh DPR RI. Pemerintah pun mewakilkan revisi UU ini kepada Menteri Hukum dan HAM serta Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi.

Kritikan atas surat ini pun terus bermunculan. Analis Transparency Internasional Indonesia Alvin Nicola menilai, Jokowi telah mengkhianati janjinya dalam penegakan hukum serta janji politiknya.

“Presiden telah mengkhianati kepercayaan publik dan janji politiknya. Padahal dalam Nawacita tertuang memperkuat KPK,” kata Alvin, Kamis (12/9/2019). (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *