KPK Minta Kemensos Punya Data Akurat Untuk Orang Miskin

  • Whatsapp
Ketua KPK Agus Rahardjo

INDOPOLITIKA.COM – Ketua KPK Agus Rahardjo menyambut baik kedatangan Menteri Sosial Juliari Batubara di Kantor KPK. Agus mengatakan pihaknya ingin pemerintah dalam hal ini Kemensos memiliki data akurat orang miskin.

“Dalam waktu cepat pemerintah bisa mempunyai data yang akurat mengenai orang miskin,” kata Agus kepada wartawan, Senin (4/11/2019).

Baca Juga:

Hal itu diungkapkan Agus, mengingat belakangan ini, banyak sekali program-program pemerintah tidak mengenai sasaran. Agus mencontohkan, seperti gas melon (hijau) yang seharusnya untuk orang miskin malah lari kemana-mana.

“Itu subsidinya sangat besar jadinya, kami menyebutkan 77 Triliun , itu kan sangat tidak efisien, listrik juga begitu, kamudian subsidi pupuk, subsidi benih, kemudian bantuan pendidikan, bantuan BPJS, kalau kita bisa mengolah data itu dengan baik, saya pikir efesiensi untuk anggaran kita akan sangat besar,” bebernya.

Tak hanya itu, Agus juga memberi masukan soal bantuan sosial (Bansos). Menurutnya, bansos itu harus dikelola lebih akurat sehingga akan lebih efektif untuk siapa yang betul-betul membutuhkan.

“Salah satunya tadi kita juga akan memasukkan, saya sudah sampaikan ke pak menteri, kita kan punya monitoring centre for prevention [MCP] dan di situ memang untuk data mengenai Kemensos belum ada, nanti akan kita jadikan salah satu indikator,” tandasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *