KPK Panggil 4 Orang Saksi Terkait Dugaan Kasus Penyuapan Wahyu Setiawan

  • Whatsapp
Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan

INDOPOLITIKA.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil saksi- saksi yang terlibat dalam kasus penyuapan mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan eks Caleg PDIP Harun Masiku.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, mereka akan diperiksa untuk dimintakan keterangannya sebagai saksi untuk tersangka KPU Wahyu Setiawan. Kata dia, ada empat orang saksi yang akan diperiksa hari ini, Selasa 21 Januari 2020.

Bacaan Lainnya

Empat orang saksi itu adalah  seorang staf KPU bernama Retno Wahyudiarti serta tiga orang pihak swasta yakni Ilham Yulianto, Donny Tri Istiqomah, dan Rahmat Setiawan Tonidaya

.”Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SAE (Saeful, pihak swasta),” kata Ali.

Diketahui, Donny, Ilham dan Rahmat ikut terjaring dalam operasi tangkap tangan terhadap Saeful dan Wahyu, pada Rabu, 8 Januari 2020 lalu. Dari penangkapan tersebut, KPK hanya menetapkan tersangka kepada Saeful dan Wahyu saja.

Kemudian Donny yang diketahui sebagai seorang advokat, ilham merupakan sopir Saeful dan Rahmat adalah asistennya Wahyu, dilepas oleh KPK meskipun mereka ikut terjaring dalam OTT.

Adapun kasus ini bermula dari keinginan Harun Masiku yang ingin menjadi Calon Anggota Legislatif dari PDIP Perjuangan menggantikan Nazarudin Kiemas. Nazarudin Keiemas adalah Caleg PDIP yang memiliki suara terbanyak pertama. Namun sayangnya, dua minggu sebelum pencoblosan Nazarudin meninggal dunia.

Kemudian, untuk memuluskan keinginannya, Harun pun menyuap komisioner KPU Wahyu Setiawan. Wahyu pun mengiyakan keinginan Harun dengan meminta dana operasional sebesar Rp 900 juta.  Kemudian KPK menetapkan Wahyu sebagai tersangka karena diduga menerima suap setelah berjanji untuk menetapkan caleg PDI-P Harun Masiku sebagai anggota DPR terpilih melalui mekanisme PAW.

Pihak KPK menyebut, Wahyu telah menerima uang senilai Rp 600 juta dari Harun dan sumber dana lainnya yang belum diketahui identitasnya. Saeful diduga berperan sebagai perantara yang menyerahkan uang suap ke Wahyu dari Harun dan salah satu sumber dana yang masih didalami KPK.

Adapun KPK menetapkan empat orang tersangka dalam kasus suap ini yaitu Wahyu Setiawan, eks caleg PDI-P Harun Masiku, eks anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, dan seorang pihak swasta bernama Saeful.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *