KPK Sebut Langkah Tito Tepat Gandeng KPK Untuk Ngawasin Dana Rp 800 T

  • Whatsapp
Ketua KPK ALexander Marwata

INDOPOLITIKA.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi menyambut baik langkah Mendagri Tito Karnavian. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan langkah yang tepat menggandeng KPK untuk mengawasi pembangunan di daerah-daerah. Apalagi kata dia, dana yang digelontorkan oleh pemerintah sebesar Rp800 Triliun itu sangat besar.  Maka diperlukan pengawasan dalam penyerapannya.

“Supaya daerah-daerah itu juga bisa menjabarkan visi dan misi dari bapak presiden supaya ada sinkronisasi antara program pemerintah pusat dengan program pemerintah di daerah, itu nanti yang akan kami lakukan bersama-sama dengan kemendagri,” kata Alex.

Baca Juga:

Alex menambahkan pemerintah lima tahun kedepan memang sedang menggalakan kemajuan dalam bidang perekonomian. Untuk itu, Perbaikan Sumber Daya Manusia dan Investasi yang menjadi fokus saat ini.

Tentunya untuk menarik investasi diperlukan SDM yang mumpuni sehingga bisa bersaing di pasar internasional. Kata dia, Penggelontoran dana oleh pemerintah pusat sebanyak Rp800 triliun itu harus tepat sasaran.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian berjanji segera mengumpulkan seluruh kepala daerah pada Desember 2019. Pengumpulan para kepala daerah dilakukan oleh Tito untuk membahas  pengawasan dan penggunaan anggaran daerah untuk tahun 2020 mendatang.

Tito mengatakan ada sekitar Rp800 triliun dana yang disiapkan pemerintah pusat untuk diberikan ke tiap-tiap daerah. Dalam pelaksanaannya Tito menggandeng KPK untuk mengawasi agar tidak terjadi kebocoran anggaran ditengah jalan.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *