KPU: Dari 18 Parpol yang Mendaftar, Baru 13 Dinyatakan Lengkap

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Periode 2022-2027 Idham Kholik

INDOPOLITIKA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan, 18 partai politik (parpol) telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hingga hari kedelapan masa pendaftaran, Senin (8/8/2022).

Meski demikian, dari 18 Parpol tersebut terdapat 5 parpol yang dokumennya masih belum lengkap.

Komisioner KPU, Idham Holik, mengatakan, pada hari ini ada empat parpol yang mendaftar. Namun, hanya tiga parpol yang dinyatakan lengkap, yakni Partai Hanura, Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara itu, dokumen pendaftaran Partai Republikku Indonesia masih belum lengkap.

“Dokumen Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu dinyatakan lengkap, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dokumen pendaftarannya dinyatakan lengkap, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dinyatakan lengkap,” katanya dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta, Senin (8/8/2022).

“Selanjutnya, ada satu partai (Partai Republikku Indonesia, red)yang saat ini kami minta untuk melengkapi dokumennya dan kami berikan kesempatan kepada partai tersebut sampai tanggal 14 Agustus 2022, jam 23.59,” imbuh dia.

Lantaran dinyatakan lengkap, KPU akan melakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen yang diserahkan Partai Hanura, Partai Gerindra, dan PKB mulai besok Selasa, (9/8/2022).

Prosesnya akan berlangsung hingga 11 September 2022 dan disampaikan kepada masing-masing parpol pada 14 September.

Dalam verifikasi administrasi, KPU akan melakukan penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen sebagai pemenuhan persyaratan.

Verifikasi administrasi dilakukan terhadap dokumen persyaratan parpol calon peserta pemilu, dugaan rangkap jabatan pengurus parpol, dugaan keanggotaan ganda, dan keanggotaan parpol yang berpotensi tak memenuhi syarat. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.