KPU Tangsel Gandeng Kejari Antisipasi Sengketa Proses Tahapan Pemilu 2024

KPU Tangsel berkoordinasi dengan Kejari Tangsel untuk pendampingan hukum di Pemilu 2024. Foto: IST

INDOPOLITIKA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak menjelang Pemilu 2024.

Kali ini, kolaborasi dilakukan dengan cara mengunjungi Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangsel. Kedatangan KPU ke Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hak ini Kejari Tangsel sangat diperlukan oleh penyelenggara Pemilu guna mensukseskan pesta demokrasi di Tangsel.

Ketua KPU Tangsel, M Taufiq MZ mengatakan, jika kegiatan ini sangat penting dilakukan dan pihaknya akan butuh pendampingan secara hukum dalam proses tahapan Pemilu 2024 mendatang.

“KPU secara kelembagaan berkoordinasi dengan Kejari Tangsel dalam hal ini sebagai APH, sangat penting pelaksanaan proses tahapan yang kami lakukan di KPU Tangsel,” ujar Taufiq saat dikonfirmasi, Selasa (9/8/2022).

“Yang kedua sebagai forkompimda yang tentu kita sebagai user dalam penyelenggaraan dan mereka sebagai stakeholder, kita tentu koordinasi dan itu sangat penting,” tambahnya.

Lanjut Taufiq, dalam proses tahapan Pemilu 2024, pihaknya akan sangat butuh pendampingan dari APH jika nantinya terjadi sengketa dalam proses tahapan maupun hasil.

“Kalau Kejagung dengan KPU RI sudah ada MoU, maka turunan ke KPU Provinsi atau pun Kota berbentuk SPK dalam hal apa, dalam hal pendampingan kalau muncul ada sengketa proses, tahapan maupun hasil. Dan ini bagian dari legal opinion, maka dari sisi pandangan hukum adalah kejaksaan,” tandas Taufiq.

Dengan adanya kolaborasi ini, Taufiq berharap tahapan Pemilu 2024 akan berjalan lancar tanpa ada permasalahan hukum sedikit pun.

“Kita ingin proses tahapan pemilu berjalan lancar dan bisa terus bersinergi dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Tangsel, Aliansyah sendiri mengapresiasi kesiapan KPU Kota Tangsel dalam menyelenggarakan tahapan Pemilu 2024 nanti di Kota Tangsel.

Aliansyah mengatakan, bahwa Kejari Tangsel siap membantu untuk menyukseskan Pemilu 2024 nanti di Kota Tangsel.

“Kamu sangat mengapresiasi kesiapan dari KPU Kota Tangsel. Dan kami juga siap tentunya untuk menyukseskan pesta demokrasi ini. Dan bekerja sesuai dengan ketentuan hukum yang ada dan diatur dalam Pemilu,” pungkasnya. [Red]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.